res

Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan oktiya Virajati ST, M.M hadir Musrenbang Kab.Dompu 2024 - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024

Breaking

08 Maret 2024

Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan oktiya Virajati ST, M.M hadir Musrenbang Kab.Dompu 2024

 




Dompu - Cakrawalaonline, Musrenbang Kabupaten Dompu Tahun 2024, Pada hari Kamis tanggal 07 Maret 2024 pukul 09.15 Wita, Bertempat di Aula Pandopo Bupati Dompu Jln. Beringin No. 01 Kel. Dorotangga Kec. Dompu Kab. Dompu, Dandim 1614/Dompu ikut hadir Musrenbang Kabupaten Dompu Tahun 2024, dengan tema "Meningkatkan Kualitas Manusia Melalui Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Yang Berkelanjutan". yang di Pimpin oleh Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, S.T., M.T. Yang dihadiri sekitar 70 orang. 


Hadir dalam kegiatan tersebut sbb :


Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, S.T., M.T.

 Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M.

Kepala Inspektur Inspektorat Kab. Dompu 

Perwakilan pengadilan Negeri Dompu Ibu Irma Rahmawati SH. 

Pejabat Lingkup Pemerintah Prop. NTB Beserta Ketua CESFARMS UNIVERSITAS MATARAM.

Kepala Badan Kesbangpol Dompu,  Bpk.  Ardiansyah SE.

Kasi Intel Kejari Bpk. Joni Eko Waluyo SH.

Kabag Ekonomi Dompu.

Kasubag Prokopim Agus Miswara S.STP

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang Kab. Dompu. Drs. Haji Gaziamansyuri, M. Ap

Pejabat Linkup pemerintahan Kab. Dompu

Camat se Kabupaten Dompu. 



Rangkaian Kegiatan sbb :

Pukul 09.15 Wita Kegiatan dimulai.


Pukul 09.20 Wita Menyanyikan Lagu Indonesia Raya.


Pukul 09.25 Wita Do'a bersama.


 Pukul 09.30 Wita Laporan Ketua Panitia Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang Kab. Dompu. Drs. Haji Gaziamansyuri, M. Ap, yang intinya :


Kegiatan Musrenbang  diwilayah Kab. Dompu, Tahun 2024, dengan Tema "Meningkatkan Kualitas Manusia Melalui Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Yang Berkelanjutan".


Drs. H. Gaziamansyuri, M.AP, selaku Kepala Bappeda & Litbang Kab. Dompu menyampaikan permendagri No. 86 Tahun 2017 tentang tata cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah.


Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan

Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka panjang Daerah Dan Rencana Pembangunan jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara perubahan Rencana pembangunan Jangka Panjang Daerah.


Rencana Pembangunan Jangka menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, Peraturan Daerah Kabupaten Dompu Nomor 2 Tahun 2021 tentang rencana pembangunan jangka Menengah daerah Kabupaten Dompu Tahun 2021-2026.


Pukul 09.45 Wita Sambutan Ketua Komisi I DPRD Dompu Ir. Muttakun, yang intinya :


Kedepannya pihak Pemda Kabupaten Dompu harus lebih inten kordinasi lintas  Forkominda, juga harus membantu rekan rekan kita  yang ada di lapangan yang melaksanakan tugas dalam rangka menjaga Kamtibmas wilayah kabupaten Dompu.


 Ketua Komisi I DPRD Dompu Ir. Muttakun menilai selama ini pihak Pemda Dompu terkesan kurang memerhatikan kesejahteraan rekan rekan  Aparat yang bertugas dilapangan yang menjalankan tugas menjaga Kamtibmas diwilayah Kab.  Dompu.


Ketua Komisi I DPRD Dompu Ir. Muttakun, berharap kedepannya siapapun yang memimpin Daerah Kabupaten Dompu agar menjalankan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka panjang Daerah Dan Rencana Pembangunan jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara perubahan Rencana pembangunan Jangka Panjang Daerah.


Rencana Pembangunan Jangka menengah Daerah Kab.  Dompu Peraturan Daerah Kabupaten Dompu Nomor 2 Tahun 2021 tentang rencana pembangunan jangka Menengah daerah Kabupaten Dompu Tahun 2021-2026 agar dipedomani dan dilaksanakan secara bersama.


Pukul 10.00 Wita Sambutan Wakil Bupati Dompu  Bpk. H. Syahrul Parsan, ST., MT, sekaligus membuka secara resmi Rangkaian acara MUSRENBANG, yang intinya :


Wakil Bupati Dompu  Bpk. H. Syahrul Parsan, ST., MT, mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan rapat musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) kabupaten dompu tahun 2024 yang merupakan wahana sinkronisasi dan sinergitas perencanaan pembangunan tahun 2025 di kabupaten dompu.


Kegiatan  musrenbang merupakan perencanaan dengan pendekatan partisipatif yang dilaksanakan dengan melibatkan semua pemangku kepentingan. pelibatan semua pihak dimaksudkan untuk membangkitkan rasa memiliki terhadap hasil-hasil pembangunan. disisi lain musrenbang juga merupakan wahana strategis bagi para pihak dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan tiga pilar pembangunan, yaitu pemerintah daerah, masyarakat, dan swasta/dunia usaha.


Pada dasarnya keluaran musrenbang akan menjadi masukan yang sangat penting dalam rangka perumusan dan penyempurnaan rancangan rencana kerja pemerintah daerah (rkpd) kabupaten dompu tahun 2025, yang selanjutnya akan dijadikan acuan/pedoman dalam penyusunan anggaran tahun 2025.


Pemerintah Daerah memandang bahwa musrenbang merupakan momentum penting untuk menyatukan pola pikir/aspirasi dari berbagai unsur pelaku pembangunan serta menginterasikannya dengan berbagai bedaing urusan pemerintahan, kita menyadari bahwa kualitas dan keterpaduan perencanaan sangat menentukan capaian kinerja pembangunan undang-undang nomor 25 tahun 2001 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional (SPPN) mencerminkan komitmen pemerintah akan pentingnya proses perencanaan sebagai pedoman rijukan dalam pelaksanaan pembangunan.


pemerintah kabupaten dompu sangat menyadari akan pentingnya kualitas perencanaan, karena tidak dapat dipungkiri bahwa tingkat capaian kinerja (keberhasilan) pembangunan sangat ditentukan oleh kualitas perencanaan itu sendiri.


Pemerintah berkomitmen untuk selalu mengedepankan hasil hasil rumusan perencanaan pembangunan dalam penyusunan rancangan apbd kabupaten dompu, untuk itu saya perintahkan kepada seluruh kepala perangkat daerah agar betul betul memperhatikan hasil musrenbang dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran pada unit kerja yang dipimpin.


Musrenbang RKPD kabupaten dompu, sebagaimana laporan ketua panitia, telah diawali dengan kegiatan musyawarah desa, musrenbang di tingkat kecamatan, dan forum perangkat daerah yang melibatkan segenap stakeholders pembangunan, kesemuanya ini mencerminkan bahwa mekanisme perencanaan pembangunan telah mengedepankan prinsip-prinsip partisipatif; demokratis; transparan serta integrated planning, dengan demikian diharapkan akan dapat mengakomodir berbagai aspirasi masyarakat bawah, serta terintegrasinya kebijakan dan program pembangunan dari pemerintah atasan.


 Pemerintah kabupaten dompu berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat dompu yang mashur (mandiri, sejahtera, unggul dan religius) seperti tertuang dalam visi kabupaten dompu tahun 2021 2026. pertumbuhan ekonomi tahun 2023 yang dirilis oleh bps tercatat tumbuh sebesar 3,17 persen. meskipun meningkat hanya 0,22 persen dari tahun 2022 yang sebesar 2,95 persen namun hal ini menunjukan bahwa aktivitas ekonomi selama tahun 2023 tumbuh lebih baik sejak tahun 2021 dimana pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi minus 3,21 persen. Tahun 2025 merupakan tahun yang penting dan krusial bagi pembangunan daerah maupun nasional. dimana pada tahun 2025 merupakan tahun pertama pelaksanaan rpjpd tahun 2025-2045. disamping itu juga pada tahun 2025 merupakan tahun pertama pelaksanaan rpjmd 2025-2030. sehingga tahun 2025 merupakan jembatan untuk menjaga kesinambungan pembangunan agar tercapai visi nasional indonesia emas 2045, ntb emas 2045 dan dompu emas 2045.


Dalam upaya mencapai visi RPJPD tersebut maka pemerintah kabupaten dompu perlu melakukan langkah- langkah yang strategis untuk menumbuhkan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan dalam mewujudkan pembangunan manusia yang berkualitas. Pertumbuhan yang inklusif tersebut dimaksudkan tidak hanya menciptakan peluang ekonomi baru tetapi juga memastikan kesempatan yang sama pada semua lapisan masyarakat, khususnya masyarakat miskin. hal ini tidak mungkin dilakukan oleh pemerintah saja namun diperlukan partisipasi bagi semua pihak agar turut andil dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang akseleratif. sehingga ketika perekonomian tumbuh dengan baik, maka kemiskinan, ketimpangan, dan pengangguran akan menurun.


Hal ini senada dengan kebijakan pemerintah pusat dimana pada rancangan awal rkp tahun 2025 mengusung tema pembangunan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, berkenaan dengan hal tersebut maka tema pembangunan kabupaten dompu tahun 2025 yaitu: "peningkatan pertumbuhan berkelanjutan" kualitas ekonomi manusia melalui yang inklusif.


 Wakil Bupati Dompu meminta kepada seluruh pimpinan perangkat daerah dilingkungan pemerintah kabupaten dompu untuk menyusun rencana program dan kegiatan yang sesuai dengan tujuan pembangunan daerah dan harus termuat dalam dokumen rkpd, melakukan sinkronisasi dengan agenda pembangunan nasional dan agenda pembangunan provinsi ntb agar terjadi keselarasan program kegiatan pembangunan daerah dan nasional.


Pukul 10.25 Wita Penyampaian Materi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) dalam rangka Penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kab. Dompu. Tahun 2025, dipandu oleh Kepala Bagian protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretriat Daerah Kab. Dompu, Bapak Yani Hartono, SP, yang intinya :


Saat ini khususnya di wilayah kabupaten Dompu ada beberapa Faktor yang harus diperhatikan, seperti  permasalahan dan Isu Strategis, antara lain Isu Strategis daya saing Ekonomi, dimana perekonomian masih bergerak disektor hulu belum banyak

berakselerasi di sector hilir.


Untuk Pembangunan Struktur Dasar, saat ini belum ada Capaian Infrastruktur Dasar Masih

Belum Optimal dan Berkualitas.


Kualitas Lingkungan Hidup, Mitigasi Bencana Alam dan Perubahan Iklim Saat ini Seperti Penataan kota dan pelayanan persampahan yang belum optimal serta Minimnya Sarana dan

Prasarana Kebencanaan Baik Bencana Alam Maupun Non Alam.

Pukul 11.05 Wita Kegiatan diskusi dilanjutkan dengan istirahat.


Pukul 12.50 Wita seluruh rangkaian kegiatan Musrenbang Kabupaten Dompu Tahun 2024 selesai dengan aman dan lancar. 


Kegiatan  Musrenbang tingkat Kab.  Dompu dilaksanakan dalam rangka menyerap Aspirasi, masukkan dan saran dari seluruh lapisan masyarakat untuk program rencana pembangunan tahun anggaran 2025.


Kebijakan pemerintah pusat dimana pada rancangan awal RKP tahun 2025 mengusung TEMA "Pembangunan Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan, dengan hal tersebut wilayah kabupaten Dompu membangun Tema pembangunan kabupaten dompu tahun 2025 yaitu "peningkatan pertumbuhan berkelanjutan".Zun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar