res

Kodim 1614/Dompu dan Distanbun Tinjau Sejumlah Lokasi Pembuatan Pompa Hidran dan Sumur Bor - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siapa yang bertanggung jawab di Dunia pendidikan terkait penandatangan ijazah

22 Maret 2024

Kodim 1614/Dompu dan Distanbun Tinjau Sejumlah Lokasi Pembuatan Pompa Hidran dan Sumur Bor

 


Dompu -  Cakrawalaonline, Menindaklanjuti nota kesepakatan antara Panglima TNI dengan Menteri Pertanian RI dalam program Swasembada Pangan dan Optimalisasi Lahan Tidur, maka Kodim 1614/Dompu dengan Dinas Pertanian Kabupaten Dompu terus melakukan langkah-langkah konkret dalam upaya mendukung MoU dimaksud.


Salah satu upaya dimaksud yakni mengidentifikasi lokasi-lokasi yang akan disasar sebagai tempat pembuatan pompanisasi maupun pipanisasi agar optimalisasi lahan pertanian benar-benar terealisasi dengan baik.

Maka pada hari Kamis (21/3/2024 2024) kemarin dilakukan peninjauan lokasi-lokasi yang telah diidentifikasi dimaksud. Adapun lokasi-lokasi tersebut yakni di Desa Mangge Na'e Kecamatan Dompu, Desa Ranggo Kecamatan Pajo, Desa Bara Kecamatan Woja, Desa Lanci Jaya dan Suka Damai Kecamatan Manggelewa, serta Desa Dorokobo dan Konte Kecamatan Kempo.

Peninjauan dilakukan langsung oleh Dandim 1614/ Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati S.T., M.M didampingi Kasdim 1614/ Dompu Kapten Inf I Wayan Sulendra S.H.,M.H dan Pasiter Kapten Inf M.Yamin, Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu Muhammad Syahroni S.P.,M.M, BWS, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Diawali peninjauan lahan pertanian di So La Mango di Desa Mangge Na'e dengan luas lahan 12,5 Ha (lahan tadah hujan). Selanjutnya di So Mada Sau dan So Lara di Desa Ranggo Kecamatan Pajo dengan luas lahan 32 Ha dan 35 Ha (lahan tadah hujan). Masyarakat Desa Ranggo meminta pompanisasi berbahan bakar solar.
Usai di Ranggo, rombongan beralih menuja So Doro Boti di Desa Bara Kecamatan Woja  dengan luas lahan 25 Ha (lahan tadah hujan). Bantuan yang diperlukan di Desa Bara adalah pompanisasi dan irigasi.
Selanjutnya rombongan meluncur ke Desa Lanci Jaya. Lokasi yang ditinjau yakni di So Argo 1 Desa Lanci Jaya Kec Manggelewa dengan luas lahan 25 Ha. Setelah itu bergeser ke So Sinar Jaya Desa Suka Damai Kecamatan Manggelewa dengan luas lahan tadah hujan 13 Ha.

Usai di Manggelewa, rombongan menuju So Mada Oi U'a di Desa Dorokobo Kecamatan Kempo.
Adapun luas lahan yang diidentifikasi 32,56 Ha (lahan tadah hujan). Selanjutnya mengecek lokasi sumur bor karena masyarakat setempat membutuhkan pompanisasi untuk keperluan mengaliri lahan pertanian di musim kemarau.
Usai di Desa Dorokobo, terus meluncur menuju So Tolo Nggaro Desa Konte Kecamatan Kempo. Aadapun luas lahan 8 Ha (lahan tadah hujan). Ketua Gapoktan beserta masyarakat mengharapkan pompanisasi dan irigasi untuk mengaliri lahan pertanian pada saat musim kemarau. 


Pukul 15.15 Wita,seluruh rangkaian kegiatan selesai dalam keadaan aman dan lancar.


Untuk diketahui, kegiatan peninjauan lahan pertanian oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu bekerja sama dengan Kodim 1614/Dompu guna membantu masyarakat yang kesulitan air untuk lahan tadah hujan. Sehingga lahan pertanian yang semula hanya dapat digunakan penanaman pada musim hujan itu dapat ditanami juga pada saat musim kemarau. Zun - Sumber : Koran Lensa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar