res

Penyuluhan Tentang KB dalam Rangka Kegiatan TNI Manunggal, non visik, Membangun Desa (TMMD) ke -120 TA.2024 di wilayah Kodim 1614/Dompu. - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke 78,1 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Sebanyak 91 Atlit POPDA Jateng 2024 Dilepas Bupati Pemalang

30 Mei 2024

Penyuluhan Tentang KB dalam Rangka Kegiatan TNI Manunggal, non visik, Membangun Desa (TMMD) ke -120 TA.2024 di wilayah Kodim 1614/Dompu.



Dompu - Cakrawalaonline, Pada hari Kamis tanggal 30 Mei 2024 Pukul 08.30 Wita, bertempat di Gedung Serbaguna Desa Serakapi, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu telah dilaksanakan kegiatan Penyuluhan Tentang KB Sehat Rangka Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -120 TA.2024 di wilayah Kodim 1614/Dompu dengan Narasumber Kasi Pengendalian Penduduk dan KB Ibu Anti Sumianti S.psi  yang dihadiri sekitar 90 orang.


Hadir dalam kegiatan sebagai berikut :


Dandim 1614/Dompu diwakili oleh Pasi Ter Kodim 1614/Dompu Lettu Inf Hamzah.

Kasi Pengendalian Penduduk dan KB  Kab. Dompu Ibu Anti Sumianti S.psi

Kepala Desa Serakapi Maradona S.Pd

Babinkamtibmas Desa Serakapi Bripka Irfan

Babinsa Desa Serakapi Serka Jumrah.

 Para Kadus Se-Desa Serakapi.


 Rangkaian kegiatan Sebagai Berikut :

 Pukul 08.30 Wita  Kegiatan dimulai.


Pukul 08.31 Wita pembacaan Do'a.


Pukul 08.35 Wita Sambutan Dandim 1614/Dompu yang diwakili oleh Pasi Ter Kodim 1614/Dompu Lettu Inf Hamzah yang intinya:


Alhamdulillah kita dapat mengikuti Kegiatan penyuluhan KB Sehat merupakan bagian dari sasaran non fisik TMMD kali ini dengan pemateri yang akan di sampaikan oleh narasumber  Ibu Anti Sumianti S.psi dari Kasi Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Serakapi tentang pentingnya program KB dan kesehatan keluarga. 


Pasi Ter Kodim 1614/Dompu Lettu Inf Hamzah juga menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan ini adalah bagian dari komitmen TNI dalam mendukung program- program pemerintah yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kami berharap penyuluhan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang pentingnya KB dan kesehatan, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup.


TNI Manunggal Membangun Desa merupakan bagian dari program operasi bakti TNI yang diselenggarakanTNI dengan memperhatikan kemampuan satuan dan kondisi masyarakat.


Pukul 08.50 Wita Sambutan Kepala Desa Serakapi Maradona S.Pd yang intinya sbb.


Terimakasih kepada Bapak Dandim 1614/Dompu yang sudah menyelenggarakan Penyuluhan Tentang KB Sehat dalam rangka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -120 TA.2024 di wilayah Kodim 1614/Dompu.

Atas nama Pemerintah Desa Serakapi kami menyampaikan aspirasi kepada Bapak Dandim 1614/Dompu yang mana sudah melaksanakan penyuluhan Tentang KB Sehat dan ucapan selamat datang kepada narasumber  Ibu Anti Sumianti S.psi dari Kasi Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Pukul 08.55 Wita Penyampaian materi oleh narasumber  Ibu Anti Sumianti S.psi dari Kasi Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab. Dompu yang intinya:

  Sesuai Peraturan Presiden No.72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting, BKKBN mendapatkan amanat menjadi koodinator percepatan penurunan stunting di Indonesia. Untuk melakukan penurunan prevalensi stunting Presiden RI telah mencanangkan target menjadi 14% pada tahun 2024. 


Penggunaan KB mampu mencegah kejadian stunting, yaitu ibu mempunyai banyak waktu, energi, dan sumber daya untuk menyusui bayi yang dilahirkan dan fokus terhadap pengasuhan anak. Hal tersebut tentunya perlu didukung dengan sarana dan prasarana KB yang memadai serta tenaga pelayanan KB yang kompeten dan pemahaman masyarakat.


Untuk terus meningkatkan komitmen masyarakat (Pasangan Usia Subur) dalam ber KB diperlukan pula adanya dukungan dari berbagai pihak terkait antara lain stakeholder, provider dan mitra kerja baik pemerintah maupun swasta untuk memberikan pelayanan KB yang berkualitas. Karenanya sangat penting untuk terus menjalin kerjasama dalam meningkatkan komitmen dan dukungan dari berbagai pihak untuk pencapaian.


Hal ini tidak mudah mengingat tantangan dalam Percepatan Penurunan stunting adalah Komitmen dan dukungan berkelanjutan dari Pimpinan, Pengetahuan dan Pendidikan Gizi, Koordinasi dan Integrasi Intervensi Gizi, Kapasitas dan Kualitas pelaksana program kegiatan dan Upaya Advokasi, Kampanye, Pendidikan Gizi, Konseling dan Diseminasi Informasi dan Alhamdulillah hal tersebut maka dipandang perlu dilaksanakan kegiatan Penyuluhan Tentang KB Sehat Rangka Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -120 TA.2024 di wilayah Kodim 1614/Dompu. 


Pukul 09.16 Wita Penyerahan piagam penghargaan dari Kodim 1614/Dompu kepada Kasi Pengendalian Penduduk dan KB  Kab. Dompu Ibu Anti Sumianti S.psi.

Pukul 09.05 Wita Foto bersama.

Pukul 09.15 Wita Seluruh rangkaian kegiatan selesai dengan aman dan lancar.


Masyarakat Desa Serakapi menyambut baik kegiatan penyuluhan ini dengan antusias masyarakat aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab yang diadakan setelah penyuluhan, menunjukkan minat yang tinggi untuk memahami lebih dalam tentang topik yang disampaikan. beberapa peserta menyatakan bahwa informasi yang mereka peroleh sangat bermanfaat dan akan mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.


 Selama pelaksanaan kegiatan Penyuluhan Tentang KB Sehat Rangka Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -120 TA.2024 di wilayah Kodim 1614/Dompu dengan tema darma bakti TMMD mewujudkan percepatan Pembangunan di wilayah, berlangsung dengan aman dan lancar.(Zun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar