res

Rapat Koordinasi Teknis Percepatan dan Pengawalan kegiatan penambahan areal tanam padi (PAT) tahun 2024 di wilayah Kabupaten Dompu. - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke 78,1 Juli 2024

Breaking

30 Mei 2024

Rapat Koordinasi Teknis Percepatan dan Pengawalan kegiatan penambahan areal tanam padi (PAT) tahun 2024 di wilayah Kabupaten Dompu.

 


Dompu-Cakrawalaonline,!

Pada hari kamis tanggal 30 Mei 2024 pukul 08.45 WITA bertempat di Aula Kantor Dinas Pertanian dan perkebunan kelurahan monta, kecamatan woja, Kabupaten Dompu telah dilaksanakan Rapat *Koordinasi Teknis Percepatan dan Pengawalan kegiatan penambahan areal tanam Padi tahun 2024 di wilayah Kabupaten Dompu* yang di pimpin oleh Kadis Pertanian kabupaten Dompu Plt Sahrul ramadhan Sp dan diikuti sekitar ± 50 Orang 


Hadir dalam kegiatan sbb.


 Kadis Pertanian Plt sahrul ramadhan Sp.

 Kasdim 1614/ Dompu Mayor Inf I Wayan sulendra S.H M.H.

 Kementan dan Perkebunan Provinsi NTB Bapak Darwis.

Fungsional Madya Alat dan Mesin Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Dompu Bapak M Jaswadi, S.P., M.Si. 

 Pasiter kodim 1614/Dompu Lettu Inf Hamzah beserta anggota.

Perwakilan Babinsa masing-masing Koramil kodim 1614/Dompu.

Ppl sekabupaten Dompu.

 Para tamu undangan rapat.


Rangkaian kegiatan adalah sbb : 

Pukul 08.45 WITA, Kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Percepatan dan Pengawalan kegiatan PAT Padi di mulai.


Pukul 08.50 WITA, Penyampaian  dari Kadis Pertanian Plt sahrul ramadhan Sp. yang intinya :


 Berbicara masalah perluasan dan penambahan area tanam kami di Kabupaten Dompu ini dapat melalui tiga tahap yang kami sudah laksanakan termasuk supervisi langsung di tingkat lapangan bersama seluruh unsur dan stakeholder.


Berdasarkan petunjuk teknis Kami tetap mengacu pada aturan sehingga administrasi itu penting namun tidak menutup kemungkinan maka rangsangan yg kita berikan kepada pertanian dapat berhasil.


Jika ada lahan pertanian tidak mendapatkan alokasi bantuan pompa maka kita rangsang dengan bantuan pompa reguler sehingga potensi air ada sepanjang tahun sehingga ketika orang lain tanam jagung maka yang lain akan tanam padi.


Pukul 09.15 WITA, Penyampaian   Kasdim 1614/ Dompu mayor Inf I Wayan sulendra S.H M.H.. yang intinya :


Kita tekankan kepada ppl dan babinsa jangan sampai fungsi kita adalah sebagai pengawas, sehingga kita agar selalu mengecek kelapangan dan mengetahui apa kendala yang ada dilapangan.

 Nanti kita akan mendapatkan pompa bantuan dari pemerintah sehingga para petani jangan terpaku menunggu bantuan baru mau bekerja.

Harapan kita adalah bagaimana kita mampu menggerakkan kepada para petani supaya bagaimana mampu menggarap lahan yang mereka miliki agar penghasilannya maksimal.


Perhatian dari pemerintah kepada petani sangat luar biasa dengan banyaknya bentuk bantuan kepada petani sehingga hal ini harus dapat dimanfaatkan serta diberdayakan untuk mewujudkan tujuan ketahanan pangan untuk mampu memenuhi kesediaan pangan. 


Pukul 09.30 WITA Penjelasan teknis percepatan dan pengawalan kegiatan areal tanam padi rahmawati yang intinya.


 Di NTB khususnya di wilayah kabupaten Dompu tidak memiliki lahan rawa yang berpotensi untuk lahan penambahan areal tanam (PAT).

 Tersedia sumber air permukaan sungai dan lainnya yang dapat dipompa sehingga elevasi 0-20 meter dan jarak 500 meter dari sumber air.


Lokasi masuk dalam areal potensi lahan tadah hujan dan lokasi sawah yang dapat ditingkatkan Ipnya dari Ip 100 ke 200. 


Pukul 10.10 WITA, kegiatan sesi tanya jawab.


Pukul 12.30 WITA, Kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Percepatan dan Pengawalan kegiatan ( PAT ) Padi selesai berjalan dengan tertib,aman dan lancar.


Kegiatan rapat koordinasi tentang Teknis Percepatan dan Pengawalan kegiatan Perluasan Areal Tanam ( PAT ) Padi bagi petani bertujuan untuk membantu para petani dan mempercepat progres Pemerintah guna mengantisipasi krisis pangan di wilayah kabupaten Dompu.

Rapat Koordinasi ini diharapkan dapat membantu mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan Perluasan Areal Tanam ( PAT ) Padi bagi petani dengan efektif di seluruh wilayah kabupaten Dompu.(**)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar