res

Kasdim 1614/Dompu Turut Memeriahkan Karnaval "Muna Pa'a" Dompu Expo Ta 2024 - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

25 Juni 2024

Kasdim 1614/Dompu Turut Memeriahkan Karnaval "Muna Pa'a" Dompu Expo Ta 2024



NTB-Dompu-Cakrawalaonline, Pemda Dompu mengelar Kegiatan Karnaval Muna Pa'a Dalam Pagelaran Dompu Expo Ta 2024. Sesuai tema yang di usung (Dompu Menjadi Daerah Yang Pro Investasi Dengan Agrobisnis dan Ekonomi Kreatif Menuju Dompu Mashur), Senin (24/06/2024) Pukul 14.20 Wita.


Hadir dalam kegiatan.

Bupati Dompu, H Kader Jaelani bersama Istri. Wakil Bupati Dompu, H Syahrul Parsan, S.T., M.T bersama Istri. Sekda Dompu, Gatot Gunawan Putra Perantauan Skm., M.Kes. Dandim 1614/Dompu diwakili oleh Kasdim 1614/Dompu, Mayor Inf Wayan Sulendra S.H., M.H. Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain S.IK. Sejumlah Pejabat dan tokoh Masyarakat Se Kabupaten Dompu.


Sebelum melepas para rombongan karnaval, Bapak Bupati Dompu dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta Karnaval Muna Pa'a, yang sudah hadir dalam rangka mengikuti kegiatan Dompu Expo ta 2024 tingkat Kabupaten Dompu.


Alhamdulillah, pada siang hari yang berbahagia ini kita masih diberikan Kesehatan dan Kesempatan sehingga bisa meramaikan acara yang luar biasa Spektakuler, terimakasih atas kerjasama semua pihak dan semoga acara yang kita gelar ini bisa terlaksana dengan lancar dan sukses.


Dengan mengharap Ridho dan Ahmat dari Allah Subhanahu Wa ta'ala Seraya mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya melepas secara resmi Para Peserta Karnaval Pesona Muna Pa'a Tingkat Kabupaten Dompu Ta 2024.


Peserta Karnaval star dari Pendopo dan finis di Lapangan Karijawa Kelurahan Karijawa dan dilanjutkan dengan pembukaan kegiatan Dompu Expo ta 2024.


Usai di tampilkan berbagai tarian adat dan seni budaya khas Dompu, ini sambutan Bapak Bupati dalam Agenda Pembukaan Dompu Expo Ta 2024.


Hadirin yang saya cintai.

Potensi wisata di Kabupaten Dompu tidak perlu diragukan lagi, di selatan kita memiliki Pantai Lakey dengan ombak yang memanjakan para penggemar olahraga air, kemudian di utara kita memiliki Pulau Satonda dengan segala keunikannya serta Taman Nasional Gunung Tambora dengan semua keindahannya yang mengagumkan. Sungguh ini merupakan anugerah tidak terhingga dari Allah SWT.


Kabupaten Dompu dikelilingi oleh 3 teluk besar, sehingga hasil Perikanan pun cukup melimpah dan telah mampu menembus pasar Nasional. Demikian juga dengan Potensi Sapi, dimana Kabupaten Dompu memilki padang penggembalaan yang sangat luas di Doro Ncanga. Potensi lain disekitar Gunung Tambora adalah Kopi Tambora. Kopi yang sudah dikenal sampai keluar Negeri dengan cita rasanya yang khas.


Hadirin yang saya banggakan.

Sebagai daerah dengan sektor pertanian yang berkontribusi paling besar terhadap PDRB, angka produktivitas pertanian Kabupaten Dompu khususnya Jagung merupakan yang tertinggi se NTB. Disamping itu kita memiliki Tenunan Muna Pa’a yang merupakan Tenunan Asli Dompu dan Makanan Timbu yang merupakan Makanan Khas Dompu. 


Keduanya telah terdaftar dalam Warisan Budaya tak benda asal Dompu. Ini merupakan potensi yang harus dimanfaatkan untuk menjadi peluang bisnis serta dapat menarik minat Investor untuk masuk dan Berinvestasi di Kabupaten Dompu. Oleh karena itu dalam Pagelaran Dompu Expo kali ini akan disediakan Kuliner Ikan, Steak Sapi Lamtoro, Kopi Tambora dan Makanan Timbu, seluruhnya gratis bagi Para Pengunjung Dompu Expo 2024.


Hadirin yang berbahagia.

Pagelaran Dompu Expo seperti yang kami sampaikan diatas, selain untuk pagelaran ajang promosi bagi produk dan potensi lokal, kegiatan ini juga untuk Menginformasikan Pencapaian-pencapaian yang telah kami lakukan selama 3 tahun Kepemimpinan Kami. 

Dalam kurun waktu tersebut aktivitas ekonomi selalu tumbuh positif dan meningkat dimana pada awal kepemimpinan kami tercatat ekonomi dalam kondisi negatif 3,21 persen, dan pada saat ini ekonomi tumbuh menjadi 3,17 persen. Tumbuhnya perekonomian Daerah ikut mendongkrak tingkat pendapatan per kapita Masyarakat Dompu.

Geliat wirausaha baru yang menjamur di setiap wilayah Se Kabupaten Dompu menunjukan aktivitas ekonomi yang semakin baik, sepanjang kepemimpinan kami telah terbentuk sedikitnya 1300 Wirausaha baru di seluruh Kabupaten Dompu. 


Hal ini secara tidak langsung berpengaruh pada tingkat pendapatan masyarakat dan pengangguran berkurang. 

BPS mencatat bahwa rata-rata Pendapatan Perkapita Masyarakat Dompu saat ini adalah sebesar 34,4 juta rupiah. Terbaik ketiga setelah KSB dan Kota Mataram. 

Tingkat Pengangguran yang tersisa 2,36 persen dan indeks pembangunan manusia berdasarkan sensus penduduk tahun 2020 meningkat cukup tajam menjadi 71,77 persen atau dalam kategori Kabupaten dengan IPM tinggi. Tingginya IPM ini dipengaruhi oleh meningkatnya usia harapan hidup menjadi 71,54 tahun dimana sebelumnya selalu berada dibawah 70 tahun. 


Hadirin yang berbahagia.

Capaian tersebut diantaranya didukung oleh peningkatan Pelayanan Kesehatan yang semakin baik, yang ditunjukan dengan seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Kabupaten Dompu meraih bintang 5 atau Terakreditasi Paripurna. Adapun Rumah Sakit Manggelewa meraih bintang 4 atau Terakreditasi Utama. Ini merupakan bukti keseriusan kami melayani Masyarakat Dompu utamanya pada penyediaan pelayanan kesehatan.


Pada Sektor Stunting yang merupakan salah satu prioritas Nasional, Kabupaten Dompu berhasil menekan angka Prevelensi Stunting pada balita yaitu balita yang memiliki Gizi Buruk dan Pendek. Dimana pada masa awal kepemimpinan kami angka stunting selalu diatas 30 persen, namun berkat kerja keras kita semua yang didukung oleh kesadaran Masyarakat Dompu kita berhasil menekan angka Stunting menjadi 12,4 persen pada tahun 2023 dan menjadi daerah dengan capaian yang paling Progresif Se NTB karena mampu menurunkan setidaknya 22 persen angka Prevalensi Stunting. Capaian ini melebihi target Nasional dan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan capaian rata-rata Provinsi NTB.


Hadirin yang kami banggakan. 

Kedepannya kami berharap Agenda Dompu Expo ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya. Dipersiapkan lebih matang lagi dengan eskalasi yang lebih luas. Sehingga kegiatan ini menjadi wadah bagi masyarakat untuk melihat dan mendengar apa saja yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu. 


Saya menyampaikan terimakasih dan rasa bangga kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Tidak lupa kami sampaikan terimakasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Sandiaga Salahuddin Uno juga Menteri Koperasi dan UKM Bapak Teten Masduki yang telah bersedia memberikan ucapan selamat atas Terselenggaranya Dompu Expo tahun 2024 melalui video pendek beberapa waktu yang lalu. Hal ini menunjukan bahwa Pemerintah Pusat mendukung upaya kita dalam Menggelar Kegiataan Dompu Expo Tahun 2024.


Hadirin yang kami cintai dan banggakan.

Akhirnya dengan mengucapkan “Bismillahhirrahman Nirrahim”, Pagelaran Dompu Expo Kabupaten Dompu tahun 2024, pada hari senin, 24 juni tahun 2024 saya nyatakan dibuka secara resmi.

Selamat menikmati Pagelaran Dompu Expo 2024. Semoga pengabdian dan kerja keras kita semua memajukan Bangsa, Negara serta Daerah mendapatkan Keberkahan dan Rahmat dari Allah SWT. Aamin Ya Rabbal Aalamiin.


Sekian dan terima kasih 

Wabillahitaufik Walhidayah, Warridha Wal Inayah

Wassalamualakum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.(Zun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar