res

Kalurahan Bunder Sudah Pasang Tanda Keistimewaan - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Gunung Semeru Kembali Meletus Dan Berstatus Awas

10 Oktober 2021

Kalurahan Bunder Sudah Pasang Tanda Keistimewaan

 


Biro DIY, Gunungkidul, Cakrawalamerdeka.com – Kalurahan Bunder kapanewon Patuk kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta hingga September 2021 telah memasang Gapura atau Tanda Keistimewaan Yogyakarta.

Demikian diungkapkan oleh Sidik selaku carik kalurahan Bunder saat ditemui wartawan Cakrawalamerdeka.com di kantornya pada Selasa 28 September 2021, belum lama ini.

Dijelaskan bahwa Logo atau Gapura Keistimewaan atau Tanda Keistimewaan Yogyakarta itu digarap menghabiskan dana dari Propinsi sebesar terbilang dengan huruf enampuluh duajuta tujuhratus sembilanpuluh limaratus rupiah atau terbilang dengan angka sebesar Rp 62.790.500,-.

Menurutnya, dana sebesar itu dikucurkan ke kalurahan di Gunungkidul yang memasang tanda Keistimewaan pada tahap pertama dan selesai September 2021 di masing-masing kalurahan. “Anggaran dari propinsi untuk gapura itu jumlah di tiap kalurahan besarnya sama,” jelas carik Bunder.

Diungkapkan bahwa hingga bulan September 2021 kalurahan yang telah memasang Simbul Keistimewaan Yogyakarta selesai sebanyak 28 kalurahan yang ada di Gunungkidul merupakan bagian jumlah banyak 144 kalurahan yang tercakup di 18 kapanewon.

Banyak orang bilang bahwa kalurahan Bunder setelah dipasang tanda keistimewaan itu nampak gagah dan megah serta enak dipandang, menurut selera mereka. Memang tanda keistimewaan itu bila dihayati akan melahirkan sebuah imajiner yang luar biasa dan rasa perjuangan dan semangat yang tinggi demi mengabdi kepada pemerintah dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Namun hal tersebut tidak bisa dirasakan oleh banyak orang yang berjiwa cuek terhadap perjuangan mereka kepada negara. Sehingga memandang Tanda Keistimewaan perlu dihayati dan disikapi dengan tulus melalui kejiwaan pribadi seseorang yang penuh harap berkait mengabdi dan berjuang untuk masa depan.

Mengingat hal tersebut, berkait dengan Simbul Keistimewaan dan juga Tanda Keistimewaan apapun istilahnya itu akan menarik perhatian dan sikap jiwa seseorang terus berjuang mencapai masa depan yang tetap kondusif dan normatif serta tidak terpengaruh rasa dan jiwa yang akulturasi di masa depan.

Karena lapuknya nilai perjuangan itu hadir di masa kita semua lengah dari sikap membangun dan mempertahankan semua hal yang baik. Sehingga kini kaum kapitalis dan imperialis yang hadir dibelahan dunia tetap harus diwaspadai demi tegaknya nilai persatuan dan kesatuan bangsa ini. “Dari kami selaku pemangku pemerintahan kalurahan mengucapkan terima kasih kepada pemangku wilayah yang istimewa itu,” ungkap pamong kalurahan. (Sab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar