res

Pembangunan di Sumberwungu Makin Meningkat - Cakrawala Online

Breaking

15 November 2021

Pembangunan di Sumberwungu Makin Meningkat

 


Biro DIY, Gunungkidul – Cakrawalaonline – Desa Sumberwungu merupakan bagian dari kapanewon Tepus, sekarang ini sedang masuk rintisan desa budaya. Sehingga partisipasi dari warga masyarakat sedang giat-giatnya menanggapi berbagai masalah berkaitan dengan kepedulian kerja gotong royong dalam pembangunan.

Berbagai potensi yang ada ditingkatkan, seperti saat rombongan tim penilai lomba desa tahun 2019 lalu. Rombongan tim penilai menuju padukuhan Rejosari menilai tentang makanan olahan dikemas home industri rumah tangga. Tim penilai menuju telaga Ngrinjing penyematan kampung KB. Tim penilai dari kabupaten sempat berfoto bareng di Telaga Ngrinjing.  Terus masuk ke balai dusun padukuhan melihat dan mengevaluasi kampung KB. Selanjutnya menuju ke padukuhan Bantal Watu II dan padukuhan Pakwungu.

Terakhir menuju balai desa Sumberwungu sebagai tempat upacara seremonial Lomba Desa tingkat kabupaten Gunungkidul peserta ke 18. Saat itu, Tukinah A.Ma Pd kepala desa Sumberwungu dan Tsalis Basari S.Hut sekretaris desa Sumberwungu mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat dan panitia yang mendukung lomba 2019 lalu.

Desa yang punya visi, dengan semangat kebesamaan dan gotong royong mewujudkan masyarakat yang mandiri, berdaya guna dan berhasil guna. Ditambah misi berbunyi pertama ingin mewujudkan tata pemerintahan yang bersih, jujur dan berwibawa. Dan kedua ingin mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan pemberdayaan, dan ketiga ingin memberikan pelayanan masyarakat yang mudah, cepat dan tepat.

Tiga bidang yang dievaluasi di Sumberwungu meliputi bidang pemerintahan, bidang kewilayahan, dan bidang kemasyarakatan. Dijelaskan, aparatur pemerintah desa dan lembaga yang potensial. Pelayanan optimal kaena bersinergi dengan lembaga kemasyarakatan desa.

Jenis produk hukum tahun 2017 dan 2018 yaitu terdapat Perdes 2017 6 dan Perkepdes 3 serta Keputusan kepala desa 74. Hal ini mengalami perubahan di tahun 2018 yaitu perdes 7 dan Perkepdes 2 serta keputusan kepala desa 66, hingga lomba di 2019 belum ada produk hukum.

Potensi Sumberwungu bidang pertanian, perikanan air tawar, hutan kemasyarakatan dan peternakan. Serta punya produk unggulan yaitu kerajinan Aneka Tas, Keripik pelepah pisang, ini merupakan pendukung perekonomian masyarakat. Telah punya BUMDes 1 kios desa 8 UMKM 245 dan pabrik 4 seperti pabrik mill.

Partisipasi masyarakat yaitu pembangunan infrastruktur, kebersihan lingkungan, kerja bakti di padukuhan dan musyawarah perencanaan pembangunan. Aktivitas itu didukung KWT, Kelompok olah raga, PIK-R, PWRI dan Gapoktan.

Lurah kalurahan Sumberwungu dijabat oleh Ispramoyo. Beliau dulu dari anggota BPD desa Sumberwungu.  Kini kepala desa telah dikonversi, sebutannya jadi lurah. Sehingga Ispramoyo jadi lurah  di kalurahan Sumberwungu kapanewon Tepus Kabupaten Gunungkidul DIY.

Lurah Ispramoyo berharap, dari sekian banyak potensi Sumberwungu yang pernah digugah bersama masyarakat dan pemerintah di lomba desa 2019 itu kini tetap dijaga dan ditingkatkan mutunya. Sehingga warga Sumberwungu secara keseluruhan mampu meningkatkan kualitas terhadap potensi yang ada di Sumberwungu untuk kesejahteraan. “Hal ini agar pembangunan di Sumberwungu Makin Meningkat,” harap lurah. (Sab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar