res

Desa Pundungsari Rintisan Budaya Serius Ikut Gelar Budaya - Cakrawala Online

Breaking

06 Desember 2021

Desa Pundungsari Rintisan Budaya Serius Ikut Gelar Budaya

 


Biro DIY-Gunungkidul, Cakrawalamerdeka.com - Desa atau Kalurahan Pundungsari kapanewon Semin termasuk desa rintisan budaya atau kaluranan rintisan budaya. Demikian menurut Tumin Sodinomo lurah Pundungsari mengakui hal tersebut.

Hal ini juga diutarakan oleh panewu Semin, desa Pundungsari termasuk rintisan desa budaya. Demikian Drs Witanto menjelaskan kepada wartawan yang menemui di kantornya pada Selasa 23-11-2021 di ruang panewu Kapanewon Semin.

Berbicara tentang rintisan desa budaya itu perkembangan naik turun naik. Sehingga dinas kebudayaan Gunungkidul membina hal tersebut dengan cara seringnya setiap tahun menggelar pameran budaya, yang kini telah jadi agenda tahunan dinas kebudayaan.

Sejak tahun 2016 pundungsari rintisan budaya dicanangkan oleh pemkab gunungkidul. Dalam gelar budaya dana dari keistimewaan atau biaya dinas. Gelar potensi jatil, tayub, bersih dusun dikemas dipanggungkan miriip lomba desa ini dikemas oleh dinas kebudayaan.

Termasuk tentang produk khas daerah, seperti Kuliner, barang serta kerajinan digelar dalam acara gelar budaya oleh dinas. Peragaan yang digelar antara lain yang pertama Seni Tayub dipanggungkan selama 10 menit, lalu selama 20 menit tentang Bersih Dusun dikemas dalam bentuk Kolosal diiringi musik.

Pesan Tumin Sodinomo kepada warga masyarakat Pundungsari. Hasil dari gelar budaya atau lomba budaya yang diadakan oleh pemerintah kabupaten Gunungkidul yang digelar pada bulan November 2021 diikuti oleh puluhan kelompok kalurahan yang masuk kategori desa rintisan maupun desa budaya perlu dimengerti oleh masyarakat di Gunungkidul.

Harapannya agar warga masyarakat itu benar benar mengenal adat istiadat yang ada di tengah lautan warga masyarakat ataupun menggali budaya itu bisa sampai kapanpun agar bisa terselamatkan dari generasi sekarang sampai generasi turun temurun. Gelar budaya di Taman Budaya Gunungkidul di Gedung baru untuk Taman Budaya Gunungkidul berada di proliman Playen Siyono yang dulu komplek rumah dagang sapi.

Penampilan Gelar Budaya dari kalurahan Pundungsari termasuk bagus kata lurah dalam gelar budaya selama 4 hari di pemkab gunungkidul bulan Nopember 2021. “Kami mengamati peserta kami dari Pundungsari cukup antusias dan serius dalam mengikuti gelar budaya di Taman Budaya Gunungkidul selama 4 hari. Hasilnya cukup bagus dan layak dipanggungkan dan ditonton oleh warga masyarakat secara umum,” ungkap Tumin Sodinomo.

Selain itu desa rintisan hanya kalurahan Pundungsari dan desa budaya atau kalurahan budaya di wilayah kapanewon Semin hanya ada di kalurahan Semin. Kalurahan Semin termasuk desa budaya kata camat Semin Drs Witanto selasa 23-11-2921 di kantornya. (Sab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar