res

Test CPNS 2023 Segera Digelar, Tersedia Banyak Formasi. Inilah Tahapan dan Bahan Seleksinya... - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Grobogan ke 298

Breaking

30 Januari 2023

Test CPNS 2023 Segera Digelar, Tersedia Banyak Formasi. Inilah Tahapan dan Bahan Seleksinya...


Jakarta - Cakrawalaonline,  Inilah kabar terbaru penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023.


Pemerintah dikabarkan menargetkan membuka penerimaan atau seleksi CPNS pada Juni 2023. 

Rencananya, seleksi CPNS 2023 ini dilaksanakan bersamaan dengan penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Tes Dua Tahapan

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama kepada media menjelaskan, tes CPNS dibagi ke dalam dua tahapan.

Pertama, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Kedua, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). 


Nantinya, Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD akan dibagi lagi menjadi tiga bagian. 


Satya Pratama kepada media, Sabtu (28/1/2023) menambahkan, Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD yang soalnya ada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). 


Menurutnya, SKD dibuat oleh tim dari perwakilan BKN, KemenPANRB, Kemendikbud, 22 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tergabung dalam konsorsium, Kementerian Ristek Dikti, dan BPPT. 


Selanjutnya, soal-soal itu akan dievaluasi oleh Kementerian PANRB, BKN, BPPT, dan dosen-dosen yang berkompeten dari perguruan tinggi.

Untul Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB, tes ini akan menilai kompetensi bidang yang dimiliki pelamar atau pendaftar.


Disesuaikan dengan kompetensi bidang yang dibutuhkan oleh formasi jabatan yang dipilih pelamar.

Seperti sebelumnya, tes akan digelar dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang dilaksanakan oleh BKN.


Sementara Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB, Alex Denni, menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan tim khusus lintas kementerian untuk membuat soal tes seleksi.


Menurut Alex Denni, seleksi atau penerimaan CPNS atau CASN 2023 dimulai lebih cepat dibandingkan tahun sebelumnya. Ng- sumber: Literasionline



Tidak ada komentar:

Posting Komentar