res

Gubernur NTT Wajibkan Siswa SMA/SMK Masuk Sekolah Jam 5 Pagi - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Grobogan ke 298

Breaking

28 Februari 2023

Gubernur NTT Wajibkan Siswa SMA/SMK Masuk Sekolah Jam 5 Pagi




Cakrawalaonline, Gubernur NTT, Viktor Laiskodat memerintahkan SMA dan SMK di Kupang memulai pelajaran sekolah pada pukul 05.00 Wita yang mulai berlaku pada Senin 27 Februari 2023.


"Bapak setengah lima udah harus di kelas ini Anda. Jam 5 sudah jalan (kegiatan belajar mengajar/KBM), kenapa? Ini etos kerja. SMP ini masih nggak boleh. SMA dia tidur jam 10 malam, 11-12-1-2-3-4, jam 4 bangun, mandi setengah jam, setengah jam ke sekolah, ini kan di kota, 30 menit sampai," demikian arahan Gubernur Viktor dalam video yang beredar di medsos.

Kepada awak media, Senin (27/2/2023), Kepala Dinas P dan K, Linus Lusi mengatakan, Pemprov berkomitmen agar ada 200 lembaga pendidikan tingkat SMA SMK di NTT masuk sekolah terbaik di Indonesia. Oleh karena itu, khusus di Kota Kupang, dianjurkan kepada 10 SMA dan SMK untuk menerapkan jam masuk sekolah mulai pukul 05.00 pagi.

"FSGI (Federasi Serikat Guru Indonesia) mengritik kebijakan masuk sekolah jam 5 Wita di NTT dan mendorong Pemprov NTT mempertimbangkan kembali kebijakan tersebut karena sangat membahayakan tumbuh kembang anak. Sebaiknya (kebijakan masuk sekolah jam 5 Wita) dibatalkan karena tidak berpihak pada kepentingan terbaik bagi anak," ujar Sekjen FSGI Heru Purnomo 


Heru menambahkan, pertimbangannya sangat tidak berperspektif bagi anak seperti sekolah regular disamakan dengan sekolah berasrama, dan anak-anak disamakan dengan penjual di pasar yang sudah jualan pukul 3 pagi.

FSGI juga mengumpulkan pendapat sejumlah guru dan orang tua terkait kebijakan masuk sekolah jam 5 wita di NTT. SA:CNN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar