res

Ganjar Jadi ''Irup'' HUT Pramuka ke-62 di Bukit Tangkeban - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

Breaking

31 Agustus 2023

Ganjar Jadi ''Irup'' HUT Pramuka ke-62 di Bukit Tangkeban

 



Pemalang - Cakrawala Online, Rabu(30/8), Kwartir Daerah(Kwarda) Gerakan Pramuka Propinsi Jawa Tengah, dalam memperingati HUT Pramuka ke-62 tahun 2023 ini, mengadakan upacara bendera.


Kali ini upacara HUT Pramuka ke-62 tingkat Propinsi Jateng dipusatkan di Bukit Tangkeban yang berada di desa Nyalembeng Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang.


Bertindak selaku Inspektur Upacara(Irup) Hari Pramuka ke-62, yakni: Gubernur Jawa Tengah sekaligus sebagai Kamabida. Pramuka Jateng; Ganjar Pranowo.


Upacara Hari Pramuka ke-62 ini, dihadiri Kakwarda. Jateng: Siti Atikoh, jajaran Kwarda. Pramuka Propinsi Jawa Tengah, Plt. Bupati Pemalang; Mansur Hidayat beserta istri yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Pemalang; Shanti Rosalia, sejumlah bupati/walikota di Jateng, jajaran Forlopimda. Pemalang, para camat, lurah, kades, dan tamu undangan lainnya.


Upacara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.


Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Tengah sekaligus Kamabida. Pramuka Jateng; Ganjar Pranowo mengajak seluruh anggota Pramuka Indonesia khususnya Pramuka yang ada di Jawa Tengah untuk menjadi ''Suluh'' dimanapun berada.


''Yang mampu memberikan pencerahan dan pergulatan pemikiran serta mampu memberikan teladan,'' Harap Ganjar.


Pada Amanatnya, Gubernur Jateng; Ganjar Pranowo juga berpesan agar Pramuka dapat menjadi penggerak.


''Utamanya gerakan pemuda, baik yang berada di Kwarnas, Kwarda, Kwarcab,  maupun Kwaran, menuju Indonesia Emas 2045, kita memerlukan Sumber Daya Manusia 'Kelas Atas','' Ujar Ganjar.


Gubernur Jawa Tengah; Ganjar Pranowo, juga berharap pada Pramuka yang ada di Jateng, harus siap berkarya, harus siap bekerja untuk mewujudkan ''Indonesia Emas 2045''.


''Pramuka Indonesia tidak boleh kaget, jika diberi mandat untuk mengelola lingkungan, sosial, kemasyarakatan, pendidikan, kesehatan, perekonomian, sampai kenegaraan,'' Tandas Ganjar.


Dalam pidatonya, Gubernur Jateng; Ganjar Pranowo, pun menghimbau , Pramuka harus Luwes jika diberikan tanggung jawab apapun karena Pramuka bekerja bukan hanya dengan kecerdasan saja tapi juga dengan sepenuh cinta.


''Satyaku kudarmakan, Darmaku kubaktikan,'' Pungkas Ganjar.


Seusai upacara hari Pramuka ke-62 tersebut, saat ditanya wartawan mengenai pelaksanaan upacara HUT Pramuka tingkat Propinsi Jawa Tengah yang dipusatkan di Kabupaten Pemalang, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat mengaku bangga dan bersyukur upacara bisa berjalan dengan baik.


''Terima kasih pada semua pihak yang telah bekerja keras sehingga upacara Hari Pramuka ke-62 bisa berjalan dengan aman dan lancar,'' Kata Mansur.


Dalam kesempatan itu, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, memberitahukan bahwa Kabupaten Pemalang meraih  Juara I kategori Partisipasi Terbaik pada peringatan HUT Pramuka ke-62.


''Termasuk pada waktu Estafet Tunas Kelapa, masyarakat sangat antusias menyambutnya,'' Tutur Mansur.


Tambahan Informasi, selain Kabupaten Pemalang mendapat penghargaan sebagai Juara I Partisipasi Terbaik, Ketua Kwarcab. Pemalang; Sukarso juga memperoleh penghargaan dari Kwarda. Pramuka.


Dalam acara Hari Pramuka yang berlangsung di Bukit Tangkeban tersebut, ditampilkan tarian, diantaranya: Tari Selendang Pemalang dan Tari Kebo Ijo serta atraksi lainnya.


*(Reporter: slametsbl)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar