res

Plt. Bupati Pemalang Buka Pekan Raya Pemalang 2023 - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke 78,1 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Polres Lahat Melaksanakan Penyembelian Hewan Qurban 1445 H tahun 2024 masehi

31 Agustus 2023

Plt. Bupati Pemalang Buka Pekan Raya Pemalang 2023

 


Pemalang - CakrawalaOnline, Rabu(30/8), Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat didampingi Deputi Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia; Bastian, membuka secara resmi Pekan Raya Pemalang(PRP) 2023 dengan memencet tombol secara Virtual dan dilanjutkan pengguntingan rangkaian bunga Melati.


Dalam laporannya, Pj. Sekda; Moh. Sidik yang diwakili oleh Asisten Sekda. Bidang Administrasi dan Organisasi; Suyono, menjelaskan bahwa Pekan Raya Pemalang 2023 dimulai dari tanggal 30 Agustus 2023 sampai tanggal 4 September 2023.


''Dengan rangkaian acara yang merupakan Kolaborasi antara Bazar, Kuliner, Expo UMKM, Pameran Pembangunan, Lomba atau Festival, Pentas Seni, Hiburan Rakyat, dan Kegiatan Sosial,'' Terang Suyono membacakan teks sambutan Pj. Sekda. Pemalang; Moh. Sidik.


Lebih lanjut, Pj. Sekda; Moh. Sidik selaku Ketua Panitia yang naskah pidatonya dibacakan Asisten Sekda. Bidang Administrasi dan Organisasi; Suyono, mengungkapkan bahwa tujuan dari diadakannya Pekan Raya Pemalang 2023, antara lain: Pertama; untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78, Kedua; mendukung program pemulihan perekonomian nasional, promosi serta peningkatan pemasaran produk UMKM dan Kearifan Lokal Kabupaten Pemalang, Ketiga; meningkatkan kunjungan wisatawan Nusantara di Kabupaten Pemalang, dan yang ke-Empat; memberikan sarana dan tempat pemasaran bagi pelaku UMKM Kabupaten Pemalang, sehingga dapat meningkatkan penjualan produk UMKM.


Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat dalam kesempatan itu mengajak masyarakat Pemalang untuk berkunjung dan membeli produk UMKM.


''Karena dengan membeli produk UMKM berarti anda telah ikut serta berkontribusi terhadap kemajuan dan pengembangan UMKM di Kabupaten Pemalang,'' Ujar Mansur.


Pada acara yang dihadiri juga oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang; Shanti Rosalia, jajaran Forkopimda, para kepala OPD, Camat, dan tamu undangan lainnya ini, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat berharap Pekan Raya Pemalang(PRP) 2023 ini, mampu menjadi Alternatif  tempat berkunjung, tempat rekreasi, dan tempat berbelanja bagi segenap masyarakat Pemalang.


''Dan ke depan, saya berharap Event(PRP) ini, dapat terselenggara dengan cakupan yang lebih besar lagi, sehingga pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam Event semakin banyak,'' Ucap Mansur.


Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat pun berpesan agar Pekan Raya Pemalang 2023  dapat menjadi ''Daya Ungkit'' bagi pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Pemalang.


Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia; Teten Masduki, yang dalam pembukaan Pekan Raya Pemalang 2023 ini diwakili Deputi bidang Kewirausahaan; Bastian, ingin agar UMKM dapat menjadi Penggerak Perekonomian Nasional.


''Apalagi pemerintah telah menganggarkan belanja sebesar 40% untuk pengembangan UMKM di Indonesia,'' Ungkap Bastian.


Deputi Bidang Kewirausahaan pada Kemenkop-UMKM; Bastian, menyebut besaran anggaran belanja untuk UMKM mencapai Rp 45,8 Milyar.


''Lebih besar dari tahun 2022 yakni: Rp 30, 8 Milyar,'' Tandas Bastian.


Deputi bidang Kewirausahaan; Bastian, menambahkan dengan adanya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor: 2 tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional(termasuk UMKM), dapat dijadikan pedoman untuk pengembangan UMKM baik di pusat maupun daerah.


''Semoga UMKM di Kabupaten Pemalang terus tumbuh dan naik kelas,'' Pungkas Bastian.


Seusai dibuka secara resmi, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat didampingi istri yang juga Ketua PKK Kabupaten Pemalang; Shanti Rosalia, serta Deputi Kewirausahaan; Bastian, juga undangan lainnya, mengunjungi sejumlah stand di dalam Pekan Raya Pemalang 2023 yang bertempat di Alun-alun kota.

Pada Pekan Raya Pemalang 2023 juga dilakukan Pemberian Penghargaan dan Pementasan aneka tarian, Satu diantaranya: Tari Sapu Glagah Majalangu.


Sedang terkait jumlah stand yang ada di Pekan Raya Pemalang 2023, Owner ''Netral Organizer'' EO yang menyelenggarakan gelaran PRP 2023 ini yakni: Widodo, menyatakan sebanyak 158 stand didirikan di Pekan Raya Pemalang 2023 (Reporter: slametsbl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar