res

Danramil 1614_06 Manggelewa Ws Totok Supriadi, hadir upacara ogoh - ogoh - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siapa yang bertanggung jawab di Dunia pendidikan terkait penandatangan ijazah

11 Maret 2024

Danramil 1614_06 Manggelewa Ws Totok Supriadi, hadir upacara ogoh - ogoh

Dompu - cakrawalaonline, Dalam rangka memperingati upacara adat Nyepi umat Hindu di awali kegiatan ogoh- Ogoh, di hadiri pejabat Kabupaten Dompu, karena mengingat Indonesia terdiri berbagai  corak budaya , dan agama yang berbeda.

     Dimomen upacara hari raya Nyepi awali dengan  demonstrasi Ogoh-Ogoh dalam serangkaian menyambut hari raya Nyepi tahun Baru saka 1946 , tahun 2024.

Tepatnya Hari ini Minggu 10 Maret 2024 sekitar pukul 14:00 WITA bertempat di Dusun Depa jaya Desa anamina kec Manggelewa telah berlangsung kegiatan Ogoh -Ogoh dalam rangka menyambut hari raya Nyepi  tahun Baru saka 1946, dan di Tahun 2024, ini kegiatan perdana di lakukan warga Dompu yang menganut agama Hindu ujar  Todung.


Hadir dalam kegiatan tersebut sbb:

Wakil Bupati Dompu H. Syahrul parsan ST.MT.

Sekda kab Dompu Bapak Gatot Gunawan perantura putra SKM.M.MKes.

Kadis pertanian kab Dompu BPK. M.Syharoni.

Kadis PU Kab .DompuAris Ansary ST.MT.

Kepala BPMD kab Dompu.Bpak Agus Salim.

Camat Manggelewa BPK Syaiful Arif S.Pd .M.PD

Ws.Danramil 1614-06 manggelewa Peltu TOTO Supriadi

Kapolsek Manggelewa di wakili Kanit patroli Polsek Manggala AIPTU HAFID dan anggota 

Ketua Banjar kec Manggelewa.

Kades Desa anamina BPK Dadang Riyanto.

Sekitar 500 orang warga Bali kec Manggelewa.


Rangkain kegiatan sbb:

Ogoh- Ogoh star pada pukul 14:00 Dari pure Krisna sari Dusun Depa Desa anamina kec Manggelewa.


Sekitar pukul 14:29.Wita Rombongan Ogoh- Ogoh tiba di pertigaan Cabng Depa Dusun Depa jaya Desa anamina selanjutnya belok kanan menuju perbatasan Desa Anamina dan Desa Banggo kec Manggelewa.


Sekitar pukul 15:10 WITA Rombongan Ogoh– Ogoh tiba di Perbatasan Desa anamina - Banggo selanjutnya putar balik menuju Dusun jembata me,e Desa anamina kemudian putar balik dan kembali ke Dusun Depa jaya Desa anamina kec Manggelewa.


Kegiatan berakhir pada pukul 16:00 WITA berjalan aman dan kondusif.


Bertempat di Dusun Depa jaya Desa anamina kec Manggelewa telah berlangsung kegiatan Ogoh -Ogoh dalam rangka menyambut hari raya nyepi tahun Baru saka 1946-tahun 2024 


 Kegiatan Ogoh -Ogoh tersebut bertujuan untuk membersihkan roh- roh jahat agar umat Hindu yang menjalan kan nyepi  terhindar dari  keburukan.


Melakukan koordinasi degan ketua Banjar Depa jaya Desa anamina, melakukan koordinasi dengan kades Desa anamina  serta Toda,Toma dan melakukan monitoring sitkambtibmas biar tetap  aman dan kondusif.

     Di tempat terpisah kegiatan ogoh-ogoh dapat di lakukan oleh warga Desa Dorokobo Kecamatan Kempo Kab.Dompu NTB, yang di lakukan oleh warga Dusun martasari Desa Dorokobo sejumlah 500-san  orang.

   Kegiatan tersebut dihadiri Kapolsek Kempo Ipda Jubaidin, dan anggota Aipda Abdi Libra, Aipda Muhammad Irwan, Aipda Fattahillah, Babinsa Dorokobo Serda Firdaus, Kades Dorokobo Mansyur, kades Doromelo Supardin, Babinkantibmas Aipda Erdan, Babinsa Doromelo Sertu Herman dan Imam anggota DPRD terpilih.(Zun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar